Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas dan Fungsi

1.  Camat

Camat mempunyai tugas membantu Kepala Daerah dalam memimpin, merumuskan, mengkoordinasikan, membina, dan mengevaluasi penyusunan dan pelaksanaan urusan pemerintahan daerah di Kecamatan meliputi pemerintahan umum, ketentraman dan ketertiban, ekonomi dan pembangunankesejahteraan sosial, serta melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugasnya.

Untuk menyelenggarakan tugas Camat mempunyai fungsi  :

1)  Merumuskan dan menetapkan bahan penyusunan RPJPD, RPJMD, RKPD, Renstra, Renja, DPA, PK, IKU, LAKIP, Laporan Keuangan, LPPD dan LKPJ.

2)  Menyusun dan menetapkan rencana operasional berupa petunjuk teknis Standar Operasional Prosedur (SOP) dan Standar Pelayanan (SP) serta mengkoordinasikan pelaksanaan program dan kegiatan dilingkungan Kecamatan.

3)  Menyelenggarakan koordinasi dengan instansi terkait pelaksanaan tugas di lingkungan kecamatan.

4)  Mengkoordinasikan dengan atasan dan/atau instansi atau perangkat daerah terkait, dalam hal pembahasan pemaduan dan singkronisasi kebijakan dilingkungan kecamatan.

5)  Merumuskan dan mengendalikan kebijakan operasional dilingkungan Kecamatan.

6)  Mengendalikan, membina dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan, administrative ketatausahaan dan arsip, kepegawaian, kehumasan, pengelolaan barang milik daerah, serta pengelolaan keuangan.

7)  Merumuskan, mengkaji dan menyusun kebijakan teknis dan regulasi serta mengkoordinasikan pelaksanaan kebijakan teknis di lingkungan Kecamatan.

8)  Melaksanakan tugas operasional di lingkungan Kecamatan.

9)  Menyelenggarakan teknis administrative ketatausahaan dan arsip, kepegawaian, kehumasan, pengelolaan barang milik daerah, serta pengelolaan keuangan.

10)   Memberikan petunjuk dan membagi tugas keada bawahan sesuai dengan pedoman dan ketentuan yang berlaku, dan

11)      Melaksanakan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.

2.  Sekretaris

Sekretaris mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas melaksanakan sebagian tugas dinas pada bidang kesekretariatan yang meliputi bidang umum, kepegawaian, keuangan dan perencanaan program, ketatausahaan arsip, kehumasan, pengelolaan barang milik daerah, serta melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh camat sesuai dengan bidang tugasnya.

Untuk menyelenggarakan tugas Sekretaris mempunyai fungsi  :

a.  Mengkoordinasikan rencana program dan kegiatan serta menyusun bahan laporan program dan kegiatan serta akuntabilitas kinerja kecamatan.

b.  Mengkoordinasikan kegiatan operasional perencanaan, administrasi umum, ketatausahaan, perpustakaan, arsip, kepegawaian, kehumasan, protocol, pengelolaan perlengkapan rumah tangga kecamatan, pengelolaan barang milik daerah, serta pengelolaan keuangan.

c.   Mengkoordinasikan pelaksanaan tugas unit kerja di lingkungan Kecamatan

d.  Memonitoring dan mengevaluasi pelaksanaan tugas dan fungsi secretariat berupa pengkajian kebijakan teknis di bidang secretariat.

e.  Mengkoordinasikan penyusunan dokumen Analisis Jabatan, Analisis Beban Kerja, dan Standar Kompetensi Jabatan.

f.   Memfasilitasi penyusunan doumen pelaksanaan Reformasi Birokrasi, RPJPD, RPJMD, RKPD, Renstra, Renja, RKA, DPA, PK, IKU, LAKIP, Laporan Keuangan, LPPD dan LKPJ Kecamatan.

g.  Memfasilitasi penyusunan rencana operasional berupa petunjuk teknis, Standar Operasional Posedur (SOP), dan Standar Pelayanan (SP).

h.  Melaksanakan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan tata naska dinas dilingkungan Kecamatan

i.    Menyelenggarakan Pengkajian bahan fasilitasi dokumentasi peraturan perundang-undangan dilingkungan Kecamatan.

j.   Menyelenggarakan pengkajian bahan fasilitasi pembinaan jabatan fungsional.

k.  Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan berkaitan dengan bidang tugasnya.

l.    Membagi dan mendistribusikan tugas kepada bawahan sesuai bidang tugas masing-masing.

m. Memberikan petunjuk, bimbingan, dan arahan serta penilaian kinerja kepada bawahan.

n.  Melaksanakan monitoring, evaluasi, dan pelaporan sesuai bidang tugasnya. dan

o.  Melaksanakan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.

Sekretariat terdiri dari  :

a.  Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

b.  Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan

                                i.       Sub Bagian Umum dan Kepegawaian

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas secretariat dalam urusan pelaksanaan penyusunan bahan kebijakan teknis serta pelaksanaan urusan tugas operasional dan administrative dibidang pengelolaan kepegawaian, penatausahaan surat menyurat, kehumasan, urusan rumah tangga, pengelolaan barang milik daerah, serta melaksanakan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh pimpinan.

Untuk menyelenggarakan tugas Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai fungsi :

a.     Melaksanakan penyusunan bahan pengkajian kebijakan teknis pengelolaan kepegawaian, penatausahaan surat menyurat, kehumasan, urusan rumah tangga, perlengkapan dan pengelolaan barang milik daerah.

b.     Melaksanakan penyusunan bahan koordinasi dengan unit kerja terkait dibidang pengelolaan kepeegawaian penatausahaan surat menyurat, kehumasan, urusan rumah tangga, perlengkapan, dan pengelolaan barang milik daerah.

c.      Melaksanakan penyusunan bahan pelaporan tugas dibidang pengelolaan kepegawaian, penatausahaan surat menyurat, kehumasan, ruah tangga, perlengkapan, dan pengelolaan barang molik daerah.

d.     Melaksanakan penyusunan bahan fasilitasi dan koordinasi pengelolaan barang milik daerah (BMD) meliputi rencana kebutuhan, pemeliharaan, pencatatan, pegusulan penghapusan, dan pelaksanaan pemindahan barang milik daerah.

e.     Melaksanakan penyusunan bahan fasilitasi urusan rumah tangga kecamatan meliputi pengadaan perlengkapan, pembekalan, pemeliharaan dan penataan gedung kantor, serta pendistribusian keperluan alat tulis kantor (ATK).

f.       Melaksanakan penyusunan bahan fasilitasi penatausahaan surat menyurat, penyusunan profil kecamatan, kegiatan kehumasan, dan pengelolaan pusat arsip.

g.     Melaksanakan urusan adminstrasi kenaikan gaji berkala (KGB), Kenaikan Pangkat, Daftar Urut Kepangkatan (DUK), data pegawai, Kartu Pegawai (Karpeg), Kartu Suami (Karsu)/Kartu Istri (Karis), Tunjangan Anak dan Keluarga (KP4), Taspen, Taperum, dan pensiun, membuat usulan formasi pegawai, mengkoordinasikan penyusunan Analisis Jabatan (ANJAB), Analisis Beban Kerja (ABK), dan Standar Kompetensi Jabtan, membuat usulan izin belajar, membuat izin diklat, kesejahteraan pegawai, penyesuaian ijasah, usulan pemberian penghargaan, memberikan layanan penilaian angka kredit (PAK) jabatan fungsional, pembinaan disiplin pegawai, membuat konsep usulan cuti pegawai, membuat konsep izin menikah dan cerai, membuat dan/atau mengusulkan perpindahan atau mutasi pegawai sesuai dengan peraturan yang berlaku, melaksanakan pengelolaan daftar penilaian Sasaran Kinerja Pegawai (SKP) dilingkungan Kecamatan.

h.     Melaksanakan fasilitasi penyusnan dan bahan penyampaian Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) dan Laporan Harta Kekayaan Aparatur Sipil Negara (LHKASN).

i.       Melaksanakan fasilitasi penyusunan dokumen peta proses bisnis (tata laksana), Standar Operasional Prosedur (SOP), dan Standar Pelayanan (SP) di lingkungan Kecamatan. Dan

j.       Melaksanakan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.

2.  Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan

Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai tugas melaksankan sebagian tugas Sekretariat dalam urusan penyusunan bahan pengkajian kebijakan teknis dan koordinasi dengan unit kerja terkait pelaporan tugas di bidang perencanaan dan keuangan, serta tugas-tugas lain yang diberikan pimpinan sesuai bidang tugasnya.

Untuk menyelenggarakan tugas Sub Bagian Perencanaan dan Keuangan mempunyai fungsi :

a.  Melaksanakan penyusunan bahan pengkajian kebijakan teeknis di sub bagian perencanaan dan keuangan.

b.  Melaksanakan penyusunan bahan koordinasi dengan unit kerja terkait dengan sub bagian perencanaan dan keuangan.

c.  Melaksanakan penyusunan bahan koordinasi RPJPD, RPJMD, RKPD, Renstra, Renja, RKA, DPA, PK, IKU, LAKIP, Laporan Keuangan, LPPD dan LKPJ Kecamatan.

d.  Melaksanakan penyusunan bahan fasilitasi dan koordinasi perencanaan antar unit kerja.

e.  Menyiapkan bahan kebijakan  dan pedoman teknis bagian perencanaan program dan keuangan serta memfasilitasi penyusunan bahan kebijakan dan pedoman teknis Kecamatan.

f.   Melaksanakan penyusunan bahan fasilitasi pengelolaan keuangan melifuti verifikasi kelengkapan dokumen penerbitan dan pengajuan surat permintaan pembayaran uang persediaan, surat pembayaran ganti uang, dan surat permintaan pembayaran langsung sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

g.  Melaksanakan penyusunan bahan fasilitasi pengelolaan keuangan melifuti verifikasi kelengkapan dokumen laporan pertanggungjawaban penggunaan uang persediaan/gantu uang persediaan/ tambah uang persediaan.

h.  Melaksanakan penyusunan bahan koordinasi laporan keuangan tahun anggaran berkenaan dan disampaikan kepada camat untuk ditetapkan sebagai laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan sesuai dengan standar/pedoman yang telah ditetapkan.

i.    Melaksanakan penyusunan bahan monitoring dan evaluasi program dan kegiatan pada Kecamatan.

j.   Mengelolah administrasi dan penatausahaan keuangan kecamatan yang meliputi penyiapan bahan penyusunan rencana anggaran, pembukuan, verifikasi anggaran, serta perbendaharaan termasuk pengendalian pengelolaan dokumen pelaksanaan anggaran dilingkungan Kecamatan.

k.  Melaksanakan pembinaan, bimbingan dan arahan bagi bendaharawan Kecamatan.

l.    Melaksanakan pengelolaan gaji pegawai di lingkungan Kecamatan.

m.    Menyiapkan bahan pelaksanaan Tindak lanjut Hasil pemeriksaan dang anti rugi di lingkungan Kecamatan.

n.  Menyiapkan bahan dalam rangka monitoring dan evaluasi pelaksanaan program dan kegiatan di Lingkungan Kecamatan serta menyusun langkah tindak lanjutnya.

o.  Melaksanakan koordinasi dan singkronisasi dengan bidang/unit kerja terkait dalam rangka mendukung kelancaran pelaksanaan tugas.

p.  Melaksanakan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.

3.  Seksi Pemerintahan Umum, Ketentraman dan Ketertiban

Seksi Pemerintahan Umum, Ketentraman dan Ketertiban mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas dalam bidang Pemerintahan Umum, pemerintahan kelurahan/desa, penataan lingkungan hidup, pertanahan penegakan peraturan daerah, pendidikan politik, pembinaan  kesatuan bangsa, perlindungan masyarakat, penyelenggaraan Ketentraman dan Ketertiban, penanggulangan bencana alam, serta melaksakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.

Untuk menyelenggarakan tugas Seksi Pemerintahan Umum, Ketentraman dan Ketertiban mempunyai fungsi :

a.  Memfasilitasi pelaksanaan tugas pembantuan pemerita, pemerintah provinsi, dan kabupaten pada desa dan/atau kelurahan dalam wilayah kecamatannya.

b.  Memfasilitasi pengawasan pelaksanaan pemerintahan desa dan/atau kelurahan dan sosialisasi peraturan-peraturan daerah/kebijakan pemerintah daerah tentang desa dan/atau kelurahan.

c.   Melaksanakan pengendalian dan evaluasi program dibidang Seksi Pemerintahan Umum, Ketentraman dan Ketertiban.

d.  Melaksanakan pelayanan administrasi pertahanan dan pembinaan suatu penataan lingkungan hidup.

e.  Merumuskan bahan pembinaan dan penyelenggaraan pemerintahan umum.

f.   Menyusun jadwal kegiatan operasional kependudukan di Kecamatan.

g.  Melaksanakan pembinaan dan menkoordinasikan lembaga rukun tetangga, rukun warga dan sejenisnya,

h.  Menyusun bahan dan fasilitasi urusan keagrariaan.

i.    Menyusun bahan pembinaan dan penyelenggaraan pelayanan kependudukan dan catatan sipil.

j.   Melaksanakan pembinaan kemasyarakatan dalam rangka penciptaan dan pemeliharaan ketentraman dan ketertiban lingkungan kehidupan masyarakat.

k.  Memfasulitasi penerapan dan penegakan peraturan daerah, peraturan Bupati, dan Keputusan Bupati.

l.    Memfasilitasi dalam pelaksanaan tugas pembinaan  kesatuan bangsa meliputi pembaruan dan ketahanan masyarakat dalam organisasi sosial kemasyaraakatan serta wawasan kesatuan bangsa.

m. Menyusun program dibidang ketentraman dan ketertiban.

n.  Memfasilitasi perlindungan masyarakat dalam rangka menciptakan pengamanan swakarsa dan siskamling.

o.  Melakukan sosialisasi kebijakan pemerintah daerah dibidang ketentraman dan ketertiban, kesatuan bangsa, dan perlindungan masyarakat.

p.  Mefasilitasi sosialisasi penanggulangan bencana alam dan korban bencana alam.

q.  Menyusun laporan bulanan, truwulan, caturwulan, semesteran dan tahunan.

r.   Melaksanakan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.

4.  Seksi Ekonomi dan Pembangunan

Seksi Ekonomi dan Pembangunan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas dalam bidang pelayanan pertanian, kehutanan dan perkebunan, perhubungan, industry dan perdagangan, penanaman modal dan koperasi, pertambangan dan pemberdayaan masyarakat srta melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.

Untuk menyelenggarakan tugas Seksi Ekonomi dan Pembangunan mempunyai fungsi :

a.  Memfasilitasi koordinasi pelaksanaan tugas teknis fungsional bidang kehutanan, pekebunan, pertanian dan pertambangan.

b.  Memfasilitasi pelayanan kehutanan, perkebunan, pertanian dan peternakan serta perikanan.

c.   Memfasilitasi pelayanan perhubungan

d.  Memfasilitasi pelayanan industry, perdagangan, penanaman modal dan koperasi

e.  Memfasilitasi pelayanan pemberdayaan masyarakat desa.

f.   Memfasilitasi pelayanan pembangunan meliputi perencanaan dan pertumbuhan pengembangan potensi dan sumberdaya.

g.  Mengkoordinasikan Perencanaan dan pelaksanakan program dibidang ekonomi pembangunan.

h.  Melakukan sosialisasi peraturan daerah dan kebijakan daerah dibidang ekonomi pembangunan.

i.    Memfasilitasi pelaksanaan program ekonomi pembangunan.

j.   Melaksanakan administrasi dan tata usaha seksi ekonomi dan pembangunan.

k.  Menyusun laporan bulanan, triwulan, caturwulan, semesteran dan tahunan. Dan

l.    Melaksanakan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.

5.  Seksi Kesejahteraan Sosial

Seksi Kesejahteraan Sosial mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas bidang dalam urusan kesehatan, sosial dan kemasyarakatan serta tugas-tugas lain yang diberikan oleh pimpinan sesuai dengan bidang tugasnya.

Untuk menyelenggarakan tugasnya Seksi Kesejahteraan Sosial mempunya fungsi  :

a.    Menyiapkan kegiatan penyusunan Rencana kegiatan dan anggaran Seksi Kesejahteraan Sosial.

b.    Melaksanakan fasilitasi pelayanan kesehatan

c.     Memfasilitasi pelaksanaan program pendidikan dan tugas kependidikan tingkat sekolah dasar.

d.    Menfasilitasi Penyelenggaraan Pelayanan sosial dan tenaga kerja serta agama.

e.    Memfasilitasi pelaksanaan pelayanan pariwisata, kebudayaan dan keolahragaan.

f.     Memfasilitasi penyelenggaraan tugas keuarga berencana, kependudukan dan pemberdayaan masyarakat.

g.    Menyusun program dibidang kesejahteraan sosial.

h.    Melaksanakan sosialisasi peraturan daerah dan kebijakan pemerintah daerah dibidang kesejahteraan sosial.

i.      Menyusun laporan bulanan, triwulan, caturwulan, semesteran dan tahunan. Dan

j.     Melaksanakan fungsi-fungsi lain yang diberikan oleh atasan sesuai tugas dan fungsinya.

 


LINK TERKAIT